Sosialisasi Program Inovasi: GEMPITA KREATIF

Bertempat di Ruang Rapat Dinas LHK Prov. NTB pada tanggal 15 Mei 2017, Tim Percepatan Pencapaian Program Inovasi melakukan sosialisasi Gempita Kreatif sebagai program inovasi Dinas LHK Prov. NTB. Sosialisasi ini dihadiri oleh wakil dari tiap bidang dan balai lingkup Dinas LHK.

Diwakili oleh Sekretaris Tim, Bapak Ahyar, S. Hut menjelaskan bahwa pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan mempunyai karakteristik yang komplek karena harus memenuhi aspek ekologi sekaligus mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu dibutuhan berbagai inovasi untuk menggerakan para pihak sebagai upaya akselerasi pencapaian tujuan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di NTB yang seimbang dan berkelanjutan.

Inovasi Dinas LHK NTB disebut dengan GEMPITA KREATIF yaitu Gerakan Membangun Pengelolaan Hutan dan Lingkungan Hidup Secara Kolaboratif dan Partisipatif. “Program ini bermaksud untuk melengkapi berbagai program yang sudah ada sehingga akan mendorong dan mempercepat pencapaian indikator kinerja Pemerintah Provinsi NTB di sektor lingkungan hidup dan kehutanan”, jelas Pak Ahyar.

“Inovasi ini bertujuan untuk optimalisasi pengelolaan LHK (tata kelola, rehabilitasi, perlindungan, pemanfaatan dan penggunaan kawasan hutan) melalui upaya kolaboratif dan partisipatif bersama para pihak dan masyarakat”, lanjutnya.

Dalam sosialisasi tersebut beliau juga membacakan susunan Tim Percepatan Pencapaian Program Inovasi Dinas LHK NTB yang diketuai oleh Sekretaris Dinas LHK NTB, Bapak Ir. L. Suwarjaya. Selanjutnya, Kepala Dinas LHK NTB yang akan bertindak selaku Penanggungjawab atas kinerja tim secara keseluruhan. Tim Percepatan ini memiliki tugas antara lain menyusun langkah-langkah percepatan inovasi yang dibutuhkan, mengkoordinir peran bidang/ balai terkait, mengkoordinasikan dengan para pihak setelah sebelumnya melakukan pengumpulan dan pengolahan data.

Selanjutnya terhadap setiap jenis inovasi dalam GEMPITA KREATIF telah ditunjuk koordinatornya sebagai berikut :

  1. Bapak Gatot Soesanto, SKM. M. Kes (Kepala Bidang Penataan dan Pengelolaan Lingkungan) selaku koordinator TAPAK (Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Kawasan Hutan)
  2. Bapak Ir. I Nyoman Sudharma, MM (Kepala Bidang Analisis dan Pengendalian Lingkungan) selaku koordinator LIMBOP (Limbah Hutan Optimal)
  3. Bapak Firmansyah, S. Hut. M. Si (Kasubbag Program) selaku koordinator Paper Less Management (administrasi persuratan dan pelaporan berbasis elektronik)
  4. Bapak Mursal, SP. M. Si (Kepala Bidang Perlindungan Hutan, SDA dan Ekosistem) selaku koordinator Pengamanan Hutan Berlapis.
  5. Ibu Ir. Nur Ilmiati, M. Si (Kepala Bidang Pengelolaan Hutan) selaku koordinator Areal Penggunaan Lain (APL) Daerah
  6. Bapak I Nyoman Sutabrata, S. Sos (Kepala Seksi Rehabilitasi) selaku koordinator Border Trees (Pohon Batas Kawasan Hutan)
  7. Ibu Ir. Hj. Latif Yanti Wasitatun, M. Si (Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat) selaku koordinator Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Kolaboratif
  8. Bapak Burhan, SP. MM (Kepala Seksi Pencegahan dan Pengamanan Hutan) selaku koordinator TAKIMHUT (Penataan Pemukiman Perambah Hutan)

Ketua Tim Percepatan meminta agar setiap koordinator mulai menyusun langkah-langkah strategis pencapaian untuk masing-masing jenis inovasinya dan pada minggu keempat Bulan Mei akan dilaksanakan rapat untuk membahasnya. “Agar setiap koordinator secara aktif berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan berdiskusi intensif dalam pelaksanaannya, pungkas Bapak L. Suwarjaya selaku Ketua Tim Percepatan Pencapaian Program Inovasi Dinas LHK Provinsi NTB. (firman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *