Zero waste Rangkul Posyandu Desa Midang Untuk Kesehatan ⁣Lingkungan

Senin, 5 Oktober 2020, Wakil Gubernur NTB, Umi Rohmi didampingi oleh Kadis LHK, Kang Dani, melakukan kunjungan kerja sekaligus kampanye Program Zero Waste ke posyandu terintegrasi Desa Midang, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

Ibu Wagub mengapresiasi Posyandu yang terintegrasi dengan bank sampah dan memotivasi kader-kader posyandu karena merekalah ujung tombak yang membantu posyandu. Selain itu, terdapat pula pengembangan usaha ecobrick, jalinan kerjasama dengan BUMDes, serta usaha-usaha dalam memajukan UMKM di desa tersebut.

“Kita berjuang untuk kesehatan lingkungan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Satu dua tahun baru bisa kelihatan. Dan apa yang bapak ibu lakukan akan menjadi amal ibadah,” ungkap Umi Rohmi.

Tak hanya itu, beliau pun memuji Kepala Desa Midang yang disebutnya memahami betul bagaimana menjadikan kesehatan, ekonomi, pendidikan dan juga lingkungan sebagai prioritas utama.

“Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat adalah bentuk dari edukasi kesehatan. Menjaga lingkungan tetap bersih menjadi hal dasar yang harus dilakukan untuk menuju hidup yang sehat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ibu Wagub juga menyerahkan bantuan composter bag yang digunakan untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos sehingga tidak mengotori lingkungan.

Desa midang sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengajak warganya peduli terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya adalah dengan menabung ecobrick. Warga bisa mencairkan tabungan sesuai dengan jumlah ecobrick yang dikumpulkan.

Kepala desa midang menjelaskan bahwa posyandu di desanya sudah terintegrasi dengan bank sampah. “Semua sasaran posyandu bisa menabung ecobrick yang akan dicatat oleh petugas sebagai tabungan ecobrick. Bahkan ada warga yang mendapatkan uang Rp. 800.000 dari tabungan ecobricknya.” Ungkap Kades Midang.

Ecobrick yang ditabung warga digunakan sebagai pagar yang menghiasi pinggir saluran irigasi. Terobosan yang dilakukan oleh Kades Midang ini sangat didukung oleh Umi Rohmi terutama harapan Kepala Desa Midang yang bertekad menjadikan desanya sebagai Desa Wisata andalan di Lombok Barat bahkan NTB.

Kepala Desa Midang tengah mengembangkan konsep desa wisata ekonomi kreatif di desanya. Kepala Desa Midang berkeyakinan dengan konsep desa wisata ini bisa menjadi pemicu warga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, dan berbagai hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *