Pembinaan Pokdarwis Oi Kampasi Untuk Mendukung Pariwisata Yang Berwawasan Lingkungan

Dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan kegiatan jasa lingkungan wisata alam di wilayah balai KPH Tambora, khususnya di lokasi Agro Wisata Oi kampasi Desa Suka Damai, Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Kamis,13 November 2020 Kepala Sub bagian Direktorat Usaha Jasa Lingkungan dan Hasil Hutan Bukan Kayu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) Bapak Wahyu Nurhidayat dan rombongan melaksanakan Kegiatan pembinaan kepada KPH Tambora (wilayah kerja Resort Manggelewa Kilo) dan kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Oi Kampasi.

“Dalam Pemanfaatan Jasa Lingkungan ini adalah upaya pemanfaatan potensi ekosistem dengan tidak merusak dan mengurangi fungsi pokok ekosistem tersebut” sambutan bapak Drs.Muhammad sukry Selaku KKPH Tambora sebagai pembuka acara. Acara ini juga dihadiri oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kab. Dompu, Camat manggelewa, Kepala Desa, sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan semangat, melatih serta memberi informasi kepada POKDARWIS khususnya dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan dalam pengelolaan Wisata Oi kampasi. “Wisata adalah sektor prioritas pembangunan daerah, dengan mengelola potensi sebaik-baiknya” lanjut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu.

Menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Tata kekola destinasi Agro wisata Oi kampasi menjadi faktor penting dalam upaya peningkatan kapasitas pengelolaan kegiatan Jasa Lingkungan.

Setalah ISHOMA, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pada areal-areal yang sudah disiapkan. Anggota komisi II DPR Kab.Dompu, bapak Pahlawan Indra Jaya yang ikut hadir dan memberi dukungan penuh pada kegiatan-kegiatan pengelolaan wisata juga turut serta melakukan kegiatan penanaman.

Setelah kegiatan penanaman, dilanjutkan dengan jalan-jalan melihat seluruh wilayah wisata Oi kampasi, mulai dari perkembangan pembangunan wisata, tanaman buah yang ditanam oleh kelompok Tani, sampai dengan sumber mata air yang menjadi sumber air pada kolam permandian.

Kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan destinasi wisata yang aman, nyaman, menarik, dan mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan serta dapat mengoptimalkan sumberdaya alam sebagai pendukung terciptanya pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *