Visi Misi

Visi dan misi pembangunan yang diusung oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih Provinsi NTB Tahun 2019-2023 adalah: “Membangun Nusa Tenggara Barat yang Gemilang”. Dengan visi tersebut diharapkan NTB dapat berperan besar di kancah nasional dan internasional sekaligus merupakan komitmen bahwa percepatan dan lompatan pembangunan harus terus diikhtiarkan untuk mewujudkan NTB yang tertata rapi sebagai tempat hunian menyenangkan, dengan masyarakat yang berdaya saing, tangguh, dan berbudi luhur serta pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Dalam rangka mewujudkan visi untuk membangun Nusa Tenggara Barat yang gemilang, ditetapkan 6 (enam) misi pembangunan Provinsi NTB Tahun 2018 – 2023. Dari keenam misi tersebut, yang terkait langsung dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu :

  1. Misi 4 NTB ASRI dan LESTARI melalui Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan;
  2. Misi 5 NTB SEJAHTERA dan MANDIRI melalui penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan pertumbuhan ekonomi inkslusif bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industrialisasi.

Pada Misi 4, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. NTB bertindak sebagai OPD penanggung jawab untuk mewujudkan tujuan dari misi tersebut yaitu Meningkatnya Fungsi Ekologi Lingkungan Hidup dengan indikator tujuannya yaitu meningkatnya Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH). Sedangkan pada Misi 5, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. NTB mendukung OPD lainnya untuk mencapai tujuan Terwujudnya peningkatan Nilai Tambah Sumber Daya Alam dengan indikatornya yaitu meningkatnya Produktivitas Total Daerah.