Audit Internal Penerapan Sistim manajemen mutu Laboratorium sesuai ISO/IEC 17025;2017

Seksi Evaluasi laboratorium lingkungan melakukan Audit Internal Penerapan Sistim manajemen mutu Laboratorium sesuai ISO/IEC 17025;2017 pada Laboratorium Lingkungan NTB, untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu laboratorium dimengerti, diterapkan dan dipelihara oleh seluruh personel laboratorium, serta mengevaluasi bahwa sistem manejemen mutu laboratorium ini dilaksanakan secara konsisten.

Kasi Evaluasi Laboratorium sebagai auditor kepala, dibantu oleh dua orang analis senior (pranata laboratorium ahli) sebagai auditor anggota, melaksanakan audit internal selama 2 hari yaitu tgl 20-21 Oktober 2020, dengan menghadirkan sebagai auditi yaitu seluruh pelaksana penggerak laboratorium lingkungan dan diaudit sesuai dengan bidang tanggung jawabnya.

Dalam pelaksanaan audit ini, auditor mengidentifikasi kesesuaian dan ketidaksesuaian penerapan sistim mutu dilaboratorium, serta menguraikan temuan ketidaksesuaian yang ada dan menetapkan kategori ketidaksesuaian. Kemudian auditor melakukan analisis penyebab akar permasalahan yang dilanjutkan dengan mendiskusikan rencana tindak lanjut perbaikan atau pengendalian pekerjaan pengujian yang tidak sesuai. Setelah itu melakukan verifikasi tindakan perbaikan, bersama kasi dan kasubag, diketahui oleh kepala Balai Laboratorium Lingkungan.

Hasil audit internal ini akan dilaporkan kepada Kepala Balai Laboratorium Lingkungan, untuk dijadikan bahan acuan perencanaan perbaikan dan pengembangan laboratorium.

Diharapkan dengan dilaksanakannya audit internal ini maka pelaksanaan pelayanan laboratorium lingkungan NTB keseluruhannya menjadi lebih baik dengan mutu hasil uji yg lebih tepat, sehingga kevaliditasan hasil tidak diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *