DISLHK NTB

Website Resmi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB

Kegiatan

Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla Taman Nasional Tambora

Dompu (7/3) – Jaga kelestarian Tambora, Kadis LHK NTB hadiri rapat koordinasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Dilaksanakan di Ruang Rapat Caldera Balai Taman Nasional Tambora, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal Pengendalian dan Perubahan Iklim, aparat TNI dan POLRI, BPBD, jajaran Taman Nasional Tambora, beserta stakeholder terkait. Pada kesempatan ini Kepala Dinas LHK NTB, Julmansyah, S.Hut., M.A.P, membeberkan fakta bahwa Tahun 2021 dan 2022 terdapat 109 Hotspot disekitaran Tn. Tambora.

“Berdasarkan Data dari Kementerian LHK, Pemerintah Provinsi NTB ditargetkan untuk menurunkan emisi 2,6 jt Equivalent dari sektor Kehutanan, dimana hal itu disebabkan oleh deforestasi hutan di NTB, karhutla, dan sebagainya” Tambah Julmansyah.

“Maka bila di crossing antara data Hotspot Tn. Tambora, dan Peta Prioritas FoLU, wilayah Tn. Tambora ini banyak sekali petak Prioritas FoLU-nya, itu artinya, menurunkan Intensitas/ Frekuensi Hotspot akan otomatis menyukseskan Program Indonesia Net Zero Emission 2060” Jelas Julmansyah.

“Kita harus mulai sadar, bahwa hutan ini kita manfaatkan bersama baik secara langsung maupun tidak langsung, maka dari itu kita harus benar-benar satu Komando, satukan data, dan pandangan baik dari KPH, Tn. Tambora, Aparat TNI, POLRI, BPBD harus mulai bersama-sama berpatroli untuk menjaga kelestarian Hutan Dompu” Tutup Julmansyah. (rz)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *