Peran Hutan dalam Pertahanan dan Keamanan Negara

Memperingati hari pahlawan 10 November, kita akan mencoba membahas apa peran hutan bagi pertahanan dan keamanan negara. Dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 27 Tahun 2018, kawasan hutan dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan tanpa mengubah fungsi dan peruntukan kawasan hutan tersebut. Penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan hanya dapat dilakukan untuk kegiatan yang mempunyai tujuan strategis yang tidak dapat dielakkan. Yang dimaksud dengan “kegiatan yang mempunyai tujuan strategis” adalah kegiatan yang diprioritaskan karena mempunyai pengaruh yang sangat penting secara nasional terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, serta kedaulatan negara dan pertahanan-keamanan negara.

Strategi perang gerilya yang terjadi di Yogyakarta saat Agresi Militer Belanda II pada 1948 adalah salah satu bukti bagaimana hutan dapat dipergunakan untuk mendukung pertahanan dan keamanan negara. Selama gerilya Jenderal Soedirman dan pasukan berjalan untuk berpindah-pindah tempat. Mereka berjalan cukup jauh dengan menyeberangi sungai, gunung, lembah, dan hutan. Para pejuang juga melakukan penyerangan ke pos-pos yang dijaga Belanda atau saat konvoi. Gerilya yang dilakukan pasukan Indonesia merupakan strategi perang untuk memecah konsentrasi pasukan Belanda. Kondisi itu membuat pasukan Belanda kewalahan. Apalagi penyerangan dilakukan secara tiba-tiba dan secara cepat. Adanya taktik ini membuat TNI dan rakyat yang bersatu dan kemudian berhasil menguasai keadaan dan medan pertempuran.

Kini, wajah pertempuran telah berubah. Perang lebih didominasi oleh pertempuran di wilayah perkotaan. Jenis pertempuran ini dikenal dengan sebutan urban warfare. Perubahan tersebut terjadi akibat kemajuan dan perkembangan peradaban manusia. Hal ini sangat berbeda dengan pertempuran pada era 1970-an hingga 1990-an yang masih didominasi oleh pertempuran wilayah gunung, hutan, dan padang rumput.

Walau perang hutan tidak lagi sepopuler perang di wilayah urban, sejumlah negara masih memelihara kemampuan militernya untuk menghadapi pertempuran di antara rerimbunan pohon-pohon lebat itu. Pasukan diberikan latihan untuk memahami karakteristik pertempuran hutan. Mereka belajar mengenal kerapatan pepohonan, jarak pandang patroli, kompartemensasi di wilayah hutan, arus sungai, suhu di dalam hutan, penjejakan, dan yang tidak kalah penting adalah teknik berkomunikasi di dalam hutan.

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo pernah menyatakan bahwa, hutan memiliki fungsi yang sangat strategis guna menunjang kecakapan para Prajurit TNI dalam melakukan berbagai latihan. Bagi TNI, hutan memiliki nilai strategis, oleh sebab itu apabila menginginkan hutan itu abadi maka kewajiban kita semua untuk menjaga dan melestarikannya, kata mantan Panglima TNI itu saat melepas Harimau Sumatera di Tambling, Pesisir Barat, Lampung, tahun 2017 lalu. Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa, TNI mempunyai kepentingan untuk melestarikan hutan, baik Flora maupun Faunanya. Jika terjadi perang, hutan itu merupakan keunggulan bagi kita (TNI), ucapnya. Menurut Gatot Nurmantyo, kawasan Hutan bukan hanya untuk dijadikan sebagai tempat latihan bagi pasukan TNI, tetapi juga untuk lebih mengenal Flora dan Fauna di dalamnya.

Sesuai dengan Permen LHK di atas, kegiatan pertahanan dan keamanan yang dapat menggunakan kawasan hutan meliputi antara lain sebagai sarana dan prasarana latihan tempur, stasiun radar, dan menara pengintai, pos lintas batas negara (PLBN), dan jalan inspeksi. Bahkan lebih luas lagi, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto mengatakan, sektor kehutanan mempunyai peranan penting pada pertahanan nasional. Hutan Indonesia sangat strategis untuk pengembangan persediaan pangan. Dia menilai pertahanan negara terancam apabila terjadi krisis pangan. “Kita tidak ingin negara kita goyah karena kekurangan pangan,” katanya. Dia melanjutkan bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kementerian Pertahanan untuk menjaga ketahanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *