KPH MDM Sinergi dengan BPDAS Dodokan Moyosari Gelar Safari Menanam Pohon di Areal Bekas Perambahan Kabanta

Mari menanam 25 pohon untuk 1 orang seumur hidup, demikian ajak Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Maria Donggo Massa (MDM) saat mengelar Safari Menanam Pohon di lahan eks perambatan Tahun 1999 Lingkungan Kabanta Kelurahan Nungga Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima Kamis (04/02/2021).

Pada kegiatan safari menanam pohon oleh KPH MDM yang bekerjasama dengan beberapa elemen seperti Pemerintah Kota Bima yang di wakili Camat Rasanae Timur, Dandim 1806 Bima, Polres Bima Kota, Lurah Nungga, BKPH Marowa, PLN Wilayah Sumbawa – Bima, organisasi masyarakat seperti Pemuda Panca Marga (PPM) Cabang Kota Bima, anggota Pramuka SMAN 2 Kota Bima, pencinta alam Koppa Mbojo, Crew Media Tupa News beserta personil Pengamanan Hutan (PAM HUT) sebanyak 49 orang.

Kepala Balai KPH Maria Donggomassa Ahyar S.Hut menyampaikan “Kegiatan safari menanam ini bukan dilakukan sekali saja oleh Balai tetapi kegiatan safari menanam ini dilaksanakan secara kontinu oleh seluruh resort wilayah kerja MDM dengan tetap bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan komunitas-komunitas peduli lingkungan,” ujarnya.

Lanjut Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Dodokan Moyosari, Djarot mengatakan mari menanam minimalnya 25 pohon oleh satu orang masyarakat, dengan harapan semoga Bima bisa hijau kembali. “Rata-rata umur manusia 60 Tahun, jadi pada umur tersebut minimal harus menanam sebanyak 25 pohon apalagi kalau bisa menanam lebih dari 25 pohon,” harapnya saat memberikan sambutan.

“Terkait lahan eks perambahan di Kabanta seluas 80 Hektar (Ha) yang ada di RTK 235 sekarang dalam keadaan kosong pihaknya siap akan mendukung penyediaan anggaran untuk kebutuhan bibit yang penting lahan eks perambahan Kabanta bisa hijau kembali,” tutupnya. Sebelum penanaman Kepala BKPH Maria Donggomassa dan Kepala BPDAS Dodokan Moyosari memyampaikan arahan dengan harapan yang sama yaitu hijaunya kembali Lokasi seluas 80 Ha yang dirambah ini menjadi hijau sekaligus melakukan penanaman perdana.

Sementara itu, Camat Rasanae Timur, Muhamad Said, SE mengingatkan agar masyarakat sekitar yang ada di lokasi So Ompu Ntonggo (Eks perambatan) Lingkungan Kabanta Kelurahan Nungga untuk menjaga dan merawat pohon yang di tanam sekarang, kami pihak pemerintah berkomitmen apabila ada oknum yang membuka lahan di eks Kabanta agar di proses secara hukum, singkatnya.

Ditempat yang sama Kepala Balai KPH MDM Ahyar, S. Hut penanaman pohon keliling dalam bentuk safari menanam ini sekaligus dalam rangka pembekalan tenaga pengamanan hutan yang ada Balai KPH MDM. Sementara pada kegiatan safari menanam pohon pihaknya menana, sebanyak 2.000 batang pohon jenis tanaman MPTS seperti Mete, Durian dan Kemiri yang dipandukan dengan tanaman kehutanan seperti Mahoni dan Jati Putih (Gmelina). “Bersama-sama menjaga alam dan lingkungan sebagai warisan yang baik untuk anak cucu kita, salam lestari dan salam lingkungan sehat,” paparnya.
“Pelaksanaan rehabilitasi lahan pada areal ini direncanakan secara bertahap untuk mengembalikan fungsi DAS yang telah rusak,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *