DISLHK NTB

Website Resmi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB

Kegiatan

Agroforestry Jalan Mulus Mencapai Lestari

Lombok Barat (5/7) – Lestarikan Pulau Sumbawa, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) Dodokan Moyo Sari gelar pemantapan pelaksanaan kegiatan Kebun Bibit Rakyat. Hadir langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB, Julmansyah, S.Hut., M.A.P, serta Kepala BPDASHL Umar Nasir, S.Sos., M.Sc. Bertempat di Jayakarta, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kelompok Tani Hutan (KTH) se-Pulau Sumbawa.  

Dalam sambutannya, Kepala Dinas LHK NTB, memantapkan, dan meluruskan niat para petani hutan untuk melaksanakan pola tanam Agroforestry di lahan garapannya. Dengan menekankan dampak positif yang dapat ditimbulkan dari pola tanam agroforestry seperti; terhindar dari bencana, lahan kritis, terjaganya ketersediaan pakan ternak, untung yang tetap bisa diraup berkali-kali, dan manfaat lainnya.

“Perlu kita sadari bersama bahwasanya, jika kondisi lahan itu sudah kritis maka keseimbangan alam akan terganggu, dimana kondisi itu dapat menyebabkan tanah yang terlampau kering bila kemarau, dan banjir bila datang musim penghujan” Ungkap Julmansyah.

“Hal itu tentu bukanlah sesuatu hal yang baik untuk kita, karena itu dapat mengganggu banyak aspek dari kehidupan kita, apalagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani” tambah Julmansyah.

“Apalagi 39% dari total masyarakat miskin di NTB ialah masyarakat lingkar hutan, maka dari itu kita harus benar-benar serius dalam melaksanakan agroforestry, karena ini adalah salah satu investasi kita dalam jangka panjang” Pungkas Julmansyah. (rz)

 

#Agroforestry #NTB #KelompokTaniHutan #AyoBerkebun

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *