Pemerintah Cepat Tanggap Tangani Sampah di Festival Tambora

(Mataram), Festival Tambora digelar tiap tahun di Padang Savana Doro Ncanga, tepatnya di Kaki Gunung Tambora. Festival ini digelar untuk memperingati letusan Gunung Tambora yang ke 207. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, pada 4 – 5 Juni 2022 menyisakan ceceran sampah di lokasi acara.

Ceceran sampah dan botol miras di Festival Tambora tentu menjadi perhatian serius pemerintah. Oleh karena itu, upaya penanganan sampah di lokasi acara telah dilakukan, bukan hanya pada saat berlangsungnya acara, bahkan juga pra dan pasca acara.

Kadis Lingkungan Hidup kabupaten  Dompu, pada kesempatan terpisah juga menjelaskan bahwa Penanganan sampah sudah di mulai sejak tanggal 3 Juni 2022 yaitu pembersihan pantai Hodo bersama Camat Pekat dan bersama personil 50 org dan 1 unit dump truk. Kegiatan pembersihan dilakukan lagi pada hari minggu pukul 09.00 s/d 13.00 Wita dengan lokus di Padang Savana Rumah Kuning. Dinas LH Kabupaten Dompu mengerahkan 50 orang personil dan 3 unit dump truk dan 1 unit pick up.

Pada pukul 15.00 s.d. 18.30 pada pelaksaan Festival Tambora, kegiatan pembersihan dilanjutkan di area Santuari Rusa dengan melibatkan pihak Kecamatan Pekat dan Balai Taman Nasional Tambora dengan personil 50 org dengan 2 unit dump truk dan 1 unit pick up. Kegiatan pembersihan dilanjutkan hari Senin, 6 Juni 2022 oleh Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) khusus pada area sekitar panggung kegiatan. Pihak Dinas LH Dompu juga menjelaskan bahwa sampai dengan tanggal 7 Juni 2022, personil BTNT maupun dari unsur Masyarakat Perduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) hingga satu hari pasca Festival Tambora masih melakukan kegiatan “Sapu Gunung” untuk membersihkan sampah-sampah sisa kegiatan FT 2022.

Jadi penanganan sampah di arena Festival Tambora 2022 baik sebelum dan pasca festival berjalan dengan baik. Apabila terdapat ceceran sampah di lokasi acara, hal ini pasti mendapat perhatian dan dalam proses penanganan oleh tim yang telah dibentuk. Kedepannya, Ini semua menjadi masukan dan menjadi bahan evaluasi, sehingga tata kelola sampah bagi penyelenggaraan setiap event/festival dapat terwujud dengan baik. (ds)

 Kontak :

Dian Sosianti H, ST

JF Pranata Humas DLHK NTB

(0370) 633071

Email : dislhk@ntbprov.go.id

Web : www.dislhk.ntbprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.