DISLHK NTB

Website Resmi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB

Kegiatan

Diatas Puncak Landfill Hill Masih Ada Puncak Hari Lingkungan Hidup

Mataram, (9/7 ) – Hari lingkungan hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni masih bergelora, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama lingkup LHK NTB finalisasi rancangan acara Puncak Hari Lingkungan Hidup di TPAR Kebon Kongok.  Bertempat di ruang rapat DLHK NTB, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Diskominfotik dan Biro Administrasi Pimpinan NTB.

Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini disepakati akan diselenggarakan di Landfill TPAR Kebon Kongok. Lokasi ini dipilih mengingat urgensi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah dan pentingnya menjaga lingkungan sekitar tempat pembuangan akhir tersebut.

Dalam kesempatan ini, Julmansyah, S.Hut., M.A.P menyatakan bahwa “Dari acara ini kami ingin mengirimkan sinyal kepada seluruh lapisan masyarakat baik di skala Nasional maupun Lokal, bahwa adanya kondisi darurat atas permasalahan sampah ini”

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, tahun ini mengusung tema “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan.” Tema ini dipilih untuk menekankan pentingnya upaya global dalam melawan degradasi lahan dan meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim, sesuai dengan salah satu pilar Dekade Restorasi Ekosistem PBB (2021-2030).

Rangkaian acara pada peringatan tersebut akan mencakup beberapa kegiatan utama yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Salah satunya adalah penanaman pohon di puncak landfill sebagai bentuk restorasi lahan. Penanaman pohon ini diharapkan dapat mengurangi erosi tanah dan meningkatkan kualitas Udara di sekitar landfill.

Selain itu, akan diadakan penyerahan Anugerah Proper kepada 13 perusahaan. Anugerah ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan mendorong perusahaan lain agar lebih peduli terhadap lingkungan. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan bisa berjalan beriringan dengan dunia usaha.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah penting adalah penyelenggaraan berbagai acara hiburan dan edukasi untuk masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan dan terlibat aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Edukasi yang disampaikan akan dikemas dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

Diharapkan, dengan rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di NTB tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan menjadi momentum bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan yang ada di sekitar mereka.

 

 

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *