Penyusunan Evaluasi Dokumen Capaian Sasaran Startegis KLHK oleh P3E Bali Nusra

Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusra menyelenggarakan pertemuan pada tanggal 17 Mei 2017. Pertemuan tersebut bertempat di Ruang Rapat Balai Laboratorium Lingkungan, Mataram.

Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan penyusunan dokumen evaluasi capaian sasaran strategis Kementerian LHK Tahun 2017 di Ekoregion Bali dan Nusra. Sebagai peserta, hadir dari unsur Dinas LH Kabupaten/Kota se NTB, UPT Kementerian LHK lingkup Provinsi NTB, seluruh Kepala KPH se NTB dan para pejabat struktural lingkup Dinas LHK NTB.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas LHK Provinsi NTB Bapak Ir. Madani Mukarom, M. Si menyampaikan apresiasinya karena Mataram dipilih sebagai lokasi pelaksanaan acara. Hal ini penting karena menjadi bagian dari kontribusi Dinas LHK terhadap sektor pariwisata di NTB, karena selain pertemuan ini, NTB juga akan menjadi lokasi pelaksanaan 2 kegiatan tingkat ASEAN yaitu Lokakarya Resolusi Konflik Tenurial ASEAN pada tanggal 16 sd 18 Mei 2017 dan ASEAN Working Group On Forest Management tanggal 23 s/d 25 Mei 2017.

Selanjutnya Kepala Dinas juga memandang bahwa P3E akan menuju fungsinya mirip dengan PUSDAL Regional Kehutanan yang menghimpun data dan informasi serta kinerja lingkup LHK. Kepala Dinas mengharapkan agar pertemuan hari ini dapat menghasilkan dokumen yang komprehensif untuk mendukung capaian sasaran strategis Kementerian LHK Tahun 2017, khususnya ekoregion Bali Nusra.

Kepala P3E Bali Nusra yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha menyampaikan bahwa ada sasaran strategis yang harus dicapai berdasar PermenLHK Nomor 39/2015 dan PermenLHK Nomor 78/2016 tentang RENSTRA dan Indikator Kinerja Utama. Hal inilah yang akan dibahas dalam pertemuan ini.

“Fokus kita adalah Indeks Kualitas Lingkungan Hidup” jelas beliau. ‘Indeks ini menjadi ukuran kualitas kondisi lingkungan di setiap daerah” lanjutnya. Jadi setiap pihak terkait diminta untuk terlibat dalam upaya menjaga dan memelihara kondisi lingkungan hidup di daerah kita masing-masing, pungkas beliau.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh masing-masing narasumber yang berasal dari P3E Denpasar, Bappeda NTB Dinas LHK Provinsi NTB, Dinas Kelautan dan Perikanan NTB. (firman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *