Inspeksi PROPER (Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup)

PROPER merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang pelaksanaanya sebagian diserahkan kepada pemerintah daerah provinsi (Dinas LHK Provinsi). Pada periode 2016-2017 ini Provinsi NTB dipercaya untuk melaksanakan PROPER terhadap 13 Perusahaan (8 PLTD, 4 Pertamina dan 1 Perusahaan air mineral).

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB telah melakukan kegiatan Inspeksi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) kepada 11 perusahaan. Untuk 2 perusahaan sisanya akan diverifikasi pada akhir bulan Mei 2017. Kegiatan Inspeksi ini merupakan salah satu tahapan dari sekian tahapan pelaksanaan PROPER (sosisalisasi, peningkatan kapasitas, inspeksi lapangan, supervisi dan pemeringkatan penaatan).

Kepala Bidang Analisis dan Pengendalian Lingkungan Dinas LHK Provinsi NTB, Ir. Nyoman Sudarma, MM. menerangkan dibeberapa kesempatan kunjungannya bersama Tim PROPER Provinsi dan salah satunya di PLTD Niu, Kota Bima bahwa, “PROPER merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrument informasi. Seperti pelaksanaan PROPER pada tahun–tahun sebelumnya, Penilaian PROPER menitikberatkan pada aspek dokumen lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan limbah B3. Diharapkan perusahaan mampu mempertahankan peringkat birunya yang ada saat ini, atau bahkan bisa meningkatkan pada peringkat hijau”, lanjutnya. Dan untuk menjamin akuntabilitas dan memenuhi azas keadilan, PROPER membuka kesempatan sanggahan kepada pihak perusahaan atas temuan-temuan Tim dilapangan”, beliau tambahkan.

Di lain kesempatan, pihak perusahaan berterima kasih kepada Tim PROPER atas arahannya dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik terutama untuk mempertahankan bahkan meningkatkan peringkat PROPER perusahaan kedepannya. Alasan lain perusahaan mendukung kegiatan PROPER, karena PROPER juga berfungsi sebagai pembinaan, penggalian permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi, memberikan solusi dan juga apresiasi terhadap perusahaan. (fian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *