21 Ha Kawasan Hutan Gili Lawang Ludes diLalap si Jago Merah

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 06.00 Wita itu melalap habis 21 ha lahan kawasan hutan di Gili Lawang yang ditumbuhi alang-alang dan tanaman program RHL tahun 2013. Menurut keterangan dari koordinator Pengamanan Hutan Resort Pengelolaan Hutan Sambelia, Haeruman ia menerima laporan kebakaran itu dari salah seorang anggota kelompok Pengawas Masyarakat untuk perairan Gili Sulat Lawang, Pak Eva. Menerima laporan tersebut dan Setelah mendapat perintah KKPH Rinjani Timur ia bersama 11 anggota Pamhut Swadaya langsung bergerak ke lokasi.

Dengan bermodalkan pasir dan ranting basah akhirnya api bisa dipadamkan pukul 13.00 Wita, dan tim meninggalkan Gili. Namun sesampainya di Desa Kokok Pedek, kepulan asap terlihat lagi. Karena kelelahan akhirnya tim pertama diganti oleh tim kedua yang terdiri dari polhut, pamhut dan bakti rimbawan turun lagi. Api akhirnya bisa dipadamkan pukul 16.00 Wita.

“Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, salah satunya bekas api yang lupa dipadamkan oleh masyarkat yang mengambil alang-alang di sini”, kata anggota Pamhut, Lalu Sapriadi. Ditemui di tempat berbeda, Pak Eva mengatakan bahwa tidak ada tanda pasti bahwa kebakaran itu disengaja. Karena ketika pertama turun tidak ada satu orangpun yang ditemukan di Gili. “Jenis-jenis yang terbakar ada Waru, cemara, sentigi, Asam, banten, api-api, gelumpang, kesambi dan semua jenis tanaman di padang alang-alang habis terbakar”, tambah Pak Ali Buhari. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. (bisrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *