AYO MENANAM, 25 POHON SETIAP ORANG SELAMA HIDUP

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB bersama UPT Kementerian LHK di NTB serta PT. ITDC dan Pemda Kab. Lombok Tengah, menyelenggarakan kegiatan penanaman sebanyak 2.800 batang pohon yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Mandalika, Kab. Lombok Tengah.

Pemilihan lokasi ini dihajatkan untuk mendukung pembangunan KEK Mandalika sebagai kawasan parawisata berskala nasional. Melalui gerakan penanaman ini diharapkan lahan-lahan kosong yang kritis dapat ditanami untuk meningkatkan kualitas tutupan lahan dan mempercantik wilayah KEK Mandalika dan sekitarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB beserta jajaran pemerintah Provinsi NTB, Bupati Lombok Tengah beserta jajaran pemerintah Kab. Lombok Tengah, Perwakilan dari kepala daerah tingkat Kab/ Kota se-NTB, Kepala UPT Kementerian LHK di wilayah NTB, TNI-Polri, Akademisi/ mahasiswa/ pelajar, LSM Mitra Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Tokoh Masyarakat serta anggota masyarakat Desa Kuta dan sekitarnya.

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017 mengambil tema “Kerja Bersama: Makmurkan rakyat, lestarikan alam.” Tema ini mengandung arti bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun organisasi massa dan masyarakat sebagai pelaku utama pengelolaan hutan dan lahan.

Bapak Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, SH. M.Si, dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara HMPI menyampaikan sekali lagi apa yang sudah diserukan oleh Bapak Presiden RI untuk seluruh masyarakat agar dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidup. Wakil Gubernur juga mengharapkan agar Bupati dan Walikota se-NTB mengajak seluruh masyarakatnya untuk ikut menyukseskan gerakan tersebut.
Kegiatan selanjutnya, Wakil Gubernur NTB menyerahkan hadiah untuk lomba penanaman satu milyar pohon tingkat Provinsi NTB tahun 2017, penyerahan plakat ajakan menanam 25 pohon kepada perwakilan dari Kab/ Kota se-NTB, dan penyerahan secara simbolis uang pembayaran kredit karbon tahun ke-3 kepada Kelompok Tani Hutan Aik Bual, Kab. Lombok Tengah senilai Rp. 103.000.000.

Sebagai penutup, dilaksanakan penanaman pohon oleh seluruh undangan yang hadir. Wakil Gubernur beserta Ibu melakukan penamanan sebatang pohon zaitun yang didatangkan khusus dari Timur Tengah di halaman Masjid Nurul Bilad, Mandalika. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *