Penghijauan di Tahura Nuraksa dalam rangka HUT Kodam IX/ Udayana ke 60

Pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2017 pukul 09.45 Wita bertempat di Dusun Kumbi Desa Pakuan Kec. Narmada Kab. Lombok Barat, Provinsi NTB, telah berlangsung acara penghijauan/penanaman pohon dalam rangka HUT Kodam IX/ Udayana ke 60 tahun 2017. Sebagai pimpinan acara yaitu Komandan Korem 162/WB Kolonel Inf Farid Makhruf, MA yang diwakili oleh Kasdim 1606/Lobar Mayor Inf. Januardi, sebagai Komandan acara Pasi Inteldim 1606/Lobar Kapten Inf A.A Rai Budiana, dan sebagai Perwira acara Kapten Inf. Sumani dengan jumlah peserta +/- 500 orang. Tturut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :

  1. Kepala Dinas LHK Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom, BScF, M.Si.
  2. Kepala Balai Tahura NTB, Ir. H.Gembong Suparnadi, MM.
  3. Kepala Balai KPH Rinjani Barat, Sukimin, SP.
  4. Ketua DPRD Lobar, Hj. Sumiatun.
  5. Kapolres Lobar diwakili oleh Kompol Junarhidin.
  6. Kepala BPBD Lobar, H. Najib.
  7. Kasat Pol PP Lobar, Bapak Mahnan.
  8. Camat Narmada, Sdr. Adnan, S.Sos.
  9. Kades Pakuan, Sdr. Mardan Haris.
  10. Para Ka. Disjanrem 162/WB
  11. Danramil se Kodim 1606/Lobar.
  12. Para staf Kodim 1606/Lobar.

Pada pukul 09.45 Wita kegiatan penanaman pohon/penghijauan dimulai dengan upacara. Dalam upacara tersebut, Pimpinan acara membacakan amanat Danrem 162/WB yang isinya anatara lain:

  1. Mengucapkan terima kasih kepada para tamu dan undangan yang sudah meluangkan waktu untuk menghadiri acara penghijauan ini, semoga menjadi ibadah.
  2. Penebangan hutan yang dilakukan secara membantunya atau illegal logging sangat merugikan kita semua, karena hutan merupakan sumber oksigen dan juga sebagai penyerap karbondioksida. Kedusakan hutan juga dapat menimbulkan berbagai hal-hal yang negatif seperti musim yang tidak menentu dan banjir seperti yang terjadi di Kota Bima.
  3. Acara penghijauan yang akan dilaksanakan ini merupakan ibadah, dimana dengan tumbuhnya pohon-pohon yang kita tanam akan membawa manfaat bagi kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Kegiatan penanaman pohon perlu digiatkan termasuk dilingkungan sekitar rumah kita.
  4. Kasus global warning telah menjadi perhatian dunia saat ini karena dampaknya sangat terasa bagi penduduk dunia, untuk itu mari kita pelihara dan pertahankan keutuhan hutan supaya hutan sebagai paru-paru dunia aman dan tetap terpelihara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama agar kegiatan yang dilaksanakan hari itu bisa berjalan lancar dan membawa manfaat kedepannya. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman 1000 batang pohon di Taman Hutan Raya Nuraksa Dusun Kumbi Desa Pakuan Narmada Lobar. Pada pukul 10.30 Wita seluruh rangkaian acara penanaman pohon selesai dengan tertib dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *