RAPAT PERCEPATAN PENGEMBANGAN KAWASAN TAMBORA

Pada hari Selasa/ 9 Januari 2018, bertempat di Ruang Rapat Dinas LHK Provinsi NTB diadakan Rapat Percepatan Pengembangan Kawasan Tambora dengan agenda Sinkronisasi program/ kegiatan di Kawasan Tambora. Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTB, Bapak Samsudin, S.Hut, M.Si dihadiri oleh perwakilan dari BAPPEDA Prov. NTB, Dinas Pariwisata Prov. NTB, Dinas ESDM Prov. NTB, Balai TN. Tambora, Balai KPH Tambora, DPH Geopark Tambora, PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) dan PT. Agro Wahana Bumi (AWB).

Dalam sambutannya Bapak Sekretaris menyatakan bahwa upaya pengembangan kawasan Tambora memerlukan kolaborasi dan integrasi antar sektor, baik itu lintas Instansi Pemerintah maupun dengan pihak swasta. Dari rapat tersebut dihasilkan kesepekatan antar pihak yang poin-poin kesepakatannya yaitu:

  1. Kawasan Tambora diharapkan menjadi poros ekonomi berkelanjutan bagi Pulau Sumbawa sehingga memerlukan peran seluruh pihak dalam rangka percepatan pengembangannya.
  2. Permasalahan yang dihadapi dalam rangka pengembangan kawasan Tambora saat ini, diantaranya : kemiskinan, illegal logging, perambahan, kebakaran dan perburuan liar serta minimnya infrastruktur pendukung untuk pengembangan pariwisata sehingga diperlukan upaya dalam penyelesaian permasalahan tersebut melalui pendekatan berbasis masyarakat.
  3. Penyelesaian permasalahan tersebut, perlu dilakukan melalui integrasi program dan kegiatan bersama para pihak di lingkar Tambora, melalui upaya pengembangan ekonomi lokal, pendampingan kelompok masyarakat binaan secara berkelanjutan, edukasi/peningkatan kapasitas bagi masyarakat termasuk pengembangan infrastruktur pendukung pengelolaan, fasilitas wisata serta pengamanan kawasan secara terpadu.

Notulensi hasil rapat tersebut bisa di download di bawah:

Download

File Description File size Downloads
pdf Notulensi Tambora 345 KB 224

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *