Peringatan International Day for Disaster Risk Reduction Tahun 2020 (IDDR 2020)

Mencegah itu lebih baik dari mengobati. Pepatah lama yang akan terus relevan bila dikaitkan dengan keadaan bencana yang kerap melanda kita. Upaya mitigasi bencana harus terus menerus disosialisasikan seluas-luasnya kepada segenap lapisan masyarakat. Siapapun dan apapun profesinya selayaknya harus ikut mendukung upaya pengurangan resiko bencana dan membentuk masyarakat tangguh bencana sesuai dengan porsi kemampuan masing-masing.

Negara setidaknya menanggung kerugian 30 triliun rupiah setiap tahun akibat kejadian bencana. Belum lagi, kejadian-kejadian khusus seperti kebakaran hutan dan lahan maka negara harus menanggung kerugian hingga 221 triliun. Oleh karena itulah upaya pengurangan risiko bencana menjadi penting. Karena sudah jelas bencana telah membebani keuangan negara yang seharusnya dana sebesar itu bisa digunakan untuk membiayai sektor produktif lainnya untuk kesejahteraan masyarakat banyak.

Dengan memahami risiko-resiko bencana secara lebih baik, serta meningkatkan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan, dapat mendukung implementasi langkah-langkah pengurangan risiko bencana dengan lebih efektif, sehingga nantinya dapat meminimalkan kerusakan yang terkait dengan bahaya bencana alam dan bahaya bencana buatan manusia.
Mengingat hal tersebut diatas, Setiap tahunnya Badan Pelaksana Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (BP-RLUGGp) terus aktif mengambil bagian dalam mengkampanyekan upaya pengurangan resiko bencana melalui kegiatan perayaan International Day for Disaster Risk Reduction (IDDR) yang ditetapkan oleh PBB diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong setiap warga masyarakat dan unsur pemerintah untuk ambil bagian secara aktif dalam membangun lebih banyak komunitas dan masyarakat yang tangguh bencana. Mengingat Pulau Lombok merupakan pulau yang rentan terhadap beberapa potensi bencana, seperti gempa bumi, gunung Meletus dan Tsunami, Banjir, Tanah Longsor dan lain lain, kesiapsiagaan kita semua mutlak diperlukan dengan bersama-sama membangun masyarakat Lombok yang tangguh bencana melalui berbagai bentuk kegiatan.

Risk Reduction is everyone business, sehingga semua orang diharapkan terlibat dalam upaya pengurangan resiko bencana dan peran media sangat vital dalam membantu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan ini. Point-Point penting dari kegiatan ini lebih lengkapnya bisa di download di bawah ini.

Download

File Description File size Downloads
pdf IDDR 2020 Peringatan International Day for Disaster Risk Reduction Tahun 2020 (IDDR 2020)
586 KB 125

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *