Bersilaturahmi Ke Dinas LHK, Sekda Provinsi NTB Beri Pengarahan Terkait Covid-19 dan NTB Zero Waste

Pada hari ini Rabu, 3 Juni 2020, bapak Sekda Prov. NTB bersama Kepala BKD Prov. NTB mengunjungi Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB dalam rangka kunjungan silaturahim sekaligus memberikan arahan dan pembinaan terkait protokol Covid-19 dalam pelaksanaan tugas harian OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas LHK Provinsi NTB, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang dan seluruh pejabat eselon IV Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB. Dalam arahannya, Pak Sekda Provinsi NTB menyampaikan beberapa poin :

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, masing-masing OPD harus membangun soliditas dan kekompakan tim untuk mewujudkan NTB Gemilang.
  2. Anggara murni Tahun 2020 dilakukan Re-Focussing dan Re-alokasi anggaran menghadapi pandemi Covid-19 untuk :
    • Penanganan pandemi dalam bidang kesehatan (Sarana Prasarana Rumah sakit, obat, APD dan lain-lain);
    • Penguatan ketahanan penghidupan bagi masyarakat miskin terdampak dalam bentuk JPS Gemilang;
    • Penguatan ekonomi UMKM dan IKM dalam bentuk stimulus ekonomi.masyarakat
  3. Strategi berdamai dan berdampingan dengan Covid-19 antara lain: bekerja seperti sediakala dengan menerapkan Protokol Covid-19 : menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, rajin mencuci tangan dengan sabut dan menggunakan hand sanitizer, menerapkan social distanting. Mengkampanyekan dan mensosialisasikan kegiatan dalam masa Covid-19, mampu membangkitkan semangat masyarakat dalam melawan dan mencegah penularan virus Covid-19. Beliau juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan, utamakan keselamatan dan menjaga diri, keluarga dan lingkungan.
  4. Selain itu, Bapak Sekda NTB menyampaikan harapan terkait sirkular ekonomi pengelolaan sampah. Dinas LHK diminta untuk merancang dan membangun BUMD pada bidang Persampahan melalui penyiapan proposal / master plan yang didesain sebaik mungkin. BUMD pada bidang persampahan terdiri dari tiga devisi yaitu :
    • JOSS (Jeranjang Olah Sampah Setempat) mengolah sampah dengan bahan baku eceng gondok, jerami dan sampah lainnya yang kemudian sampah-sampah tersebut didaur ulang menjadi Pelet sebagai pengganti batu bara sumber bahan bakar pembangkit listrik,
    • Memaksimalkan pengelolaan sampah organik BSF karena maggot dari BSF dapat dijadikan sumber pakan ternak unggas serta pupuk cair dan,
    • Pengelolaan Limbah Medik dilakukan di Lemor sehingga tidak perlu dibawa ke Surabaya dan dapat mengurangi resiko penularan penyakit dari limbah medik serta mampu meminimalisir biaya pengolahan jikalau harus dikirim ke surabaya.
    • Merancang UPTD atau BUMD Pengelolaan Sampah yang memiliki tujuan khusus untuk menangani sampah.

Mari kita bersama-sama mewujudkan NTB GEMILANG melalui Program Prioritas dan juga mari kita bersama-sama berteman dengan Covid-19 untuk menghentikan penularannya dengan cara mengikuti protokol Covid-19 yang telah diberikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *