Renggak Buah Khas Lombok Yang Kaya Manfaat

Renggak adalah jenis buah yang khas dari Pulau Lombok. Buah renggak yang tergolong pada jenis aromatis ini memiliki keharuman yang khas. Buah renggak masuk dalam anggota suku jahe-jahean, tetapi rasanya manis dan agak asam.

Buah renggak memiliki bentuk yang kecil seperti pare. Buah ini banyak disukai karena salutnya bijinya yang mengandung banyak sari buah yang manis dan menyegarkan. Buah ini bisa dimakan langsung, direbus sebagai sayuran atau disantap dengan sambal.

Selain rasanya yang khas, buah renggak rupanya juga kaya manfaat. Khasiat buah kecil ini diantaranya adalah mengobati iritasi mata, mengobati sariawan dan panas serta bagus untuk kulit. Sayangnya, buah yang kerap dijadikan obat tradisional ini jarang ditemui.

Terutamanya pada tanah lembap yang kaya akan humus. Sebenarnya menanam tubuhan ini sangat mudah, karena tumbuhan ini dapat diperbanyak. Kamu cukup mengambil ujung rimpang yang berakar, lalu menanamnya. Hal ini jarang sekali orang yang sengaja menanamnya buah renggak. Tetapi, karena buah ini enak dan kamu bisa ketagihan kamu bisa menanamnya di rumahmu.

Di Lombok, salah satu tempat wisata yang membudidayakan tanaman yang tergolong langka ini adalah Narmada Botanic Garden, yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Sumber: https://www.genpi.co/berita/6851/renggak-buah-khas-lombok-yang-kaya-manfaat & https://www.wisatadilombok.com/2016/11/kenalkan-4-buah-langka-dan-unik-asal-Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *