DISLHK NTB

Website Resmi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB

Kegiatan

Gerakan Tanggap Perubahan Iklim Harus Dimulai Dari Desa

Lombok Barat (20/3) – Dampak perubahan iklim kian terasa, memaksa banyak pihak harus memulai pergerakan dalam menghadapinya. Hal ini membuat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia menetapkan Hari Desa ASRI Nusantara pada tahun 2022. ASRI merupakan akronim dari Aman, Sehat, Rindang, Indah. Pada tahun 2023, Hari Desa Asri Nusantara dipimpin oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, dimana peringatan ini dilaksanakan secara langsung di Provinsi Riau dan daring serentak diseluruh Provinsi Indonesia.

Adapun Pemerintah Provinsi NTB ikut berkontribusi dalam melaksanakan Hari Desa Asri Nusantara di beberapa titik, salah satunya di Desa Saribaye, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat. Turut hadir dalam kesempatan ini Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., diwakili oleh Kepala Dinas LHK NTB, Julmansyah, beberapa OPD Pemprov NTB terkait, OPD PemKab. Lombok Barat, dan Pemdes Saribaye, dan segenap lapisan masyarakat sekitar.

                       

Dalam momen ini, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menyatakan Pembangunan Bangsa ini harus dimulai dari Desa, karena desa ialah tiang pancang krusial dalam pembangunan Nasional.

“Desa merupakan pusat pertaruhan masa depan karena aneka minatur problematika Nasional seperti kemiskinan, akses pelayananan sosial dasar, ekologi, penyempitan lahan, penguasaan sumber daya ekonomi dan kerentanan sosial” Tambah Ma’ruf Amin.

Selain itu, Wakil Presiden menyebut bahwa perlu langkah sigap dan serius dari seluruh pemangku kepentingan dan komitmen kuat dalam implementasi program pembangunan berketahanan iklim.

“Perubahan Iklim merupakan ujian berat bagi seluruh umat manusia dan planet bumi. Apabila tidak segera dimitigasi, dampak perubahan iklim kian hari akan kian parah dan mengancam kelangsungan hidup anak cucu,” Jelas Ma’ruf Amin. (rz)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *